LAPORAN
HASIL AKSI NYATA
MODUL
1.3 BAGJA
DWI
YUNIANTO
CALON
GURU PENGGERAK ANGKATAN 4
SMA
MA’ARIF NU JATINEGARA
KABUPATEN
TEGAL
A.
Latar
Belakang
Inkuiri apresiatif model BAGJA merupakan salah satu
pendekatan kolaboratif untuk mengetahui kondisi suatu organisasi atau komunitas
dalam mengembangkan perilaku suatu organisasi melalui pengajuan pertanyaan yang
tersusun dalam tahapan BAGJA dan dijalankan dalam suasana yang positif dan
apresiatif. Dimana sekolah harus mengaplikasikan pendekatan tersebut dengan
tahapan BAGJA agar kami sebagai guru penggerak bisa mewujudkan visi dan misi
guru penggerak untuk mewujudkan merdeka belajar terutama dalam hal kemandirian
siswa. Prinsip IA dan ajaran filosofi Ki Hadjar Dewantara tentang merdeka
belajar dan percaya bahwa setiap murid memiliki potensi dan mampu untuk
melakukannya. Tentu dalam hal ini, guru mengerti serta memahami
bahwa murid memiliki potensi yang sama tingginya. Maka dari itu tugas guru
adalah memfasilitasi dan menjadi jembatan bagi murid untuk menunjukkan potensi
dan bakat terbaiknya.
B.
Tujuan
1. Membantu
proses belajar mengajar murid
2. Meningkatkan
kreatifitas dan keaktifan murid dalam berkreasi.
C.
Tolak Ukur
1. Murid
semangat dan aktif belajar
2. Adanya
pembelajaran yang menyenangkan
3. Kreatifitas
dan keaktifan murid dalam belajar
D.
Linimasa Tindakan Yang Dilakukan
1. Melakukan
koordinasi dengan Kepala Sekolah terkait dengan penerapan BAGJA dalam
pembelajaran berdiferesnsiasi
2. Berkolaborasi
dengan rekan sejawat dalam melaksanakan pembelajaran yang berpihak pada murid
melalui pembelajaran berdiferensiasi
3. Dokumentasi
kegiatan
E.
Dukungan
1. Kepala
sekolah dan stake holder di sekolah
2. Teman
sejawat guru
3. Lingkungan
masyarakat
4. Seluruh
siswa
F.
Penutup
Demikian
laporan aksi nyata modul 13 tentang penerapan BAGJA. Kritik dan saran serta
masukan dari Kepala Sekolah, teman sejawat guru serta komunitas praktis
Pendidikan sangat saya butuhkan demi perbaikan di masa depan.
Link RPP
ALUR BAGJA
PRAKARSA PERUBAHAN |
Penerapan pembelajaran yang berpihak
pada murid dan menyenangkan melalui pembelajaran kecakapan hidup |
|
TAHAPAN |
Pertanyaan |
Daftar tindakan yang perlu
dilakukan untuk menjawab pertanyaan |
B-uat pertanyaan (Define) |
Bagaimana penerapan dan bentuk pembelajaran yang berpihak
pada murid, efektif dan menyenangkan
yang dilakukan guru? |
Meminta umpan balik dan respon
kepada siswa terkait pembelajaran yang sudah dilaksanakan kaitan dengan pembelajaran
yang digunakan guru |
A-mbil pelajaran (Discover) |
Apa yang dilakukan guru dalam menerapkan pembelajaran yang
berpihak pada murid, efektif dan
menyenangkan? |
Adanya kemauan dan kemampuan yang
dimiliki oleh guru dalam rangka menerapkan pembelajaran yang berpihak pada
murid, efektif dan menyenangkan. Serta
adanya dukungan sarpras di sekolah yang memadai |
G-ali mimpi (Dream) |
Hal-hal apa saja yang dilakukan untuk menciptakan
pembelajaran yang berpihak pada murid,
efektif dan menyenangkan? |
Membuat pembelajaran yang berpihak
pada murid, efektif dan menyenangkan
agar proses pembelajaran berjalan maksimal dan penuh makna. Melalui
pembelajaran berdiferensiasi akan menambah semangat siswa untuk memgikuti
pembelajaran dan menumbuhkan kreaifitas murid |
J-abarkan rencana (Design) |
Bagaimana rencana yang akan dibuat agar pembelajaran
berpihak pada murid, efektif dan
menyenangkan? |
Merancang dan membuat pembelajaran
berpihak pada murid, efektif dan
menyenangkan melalui pembelajaran berdiferensiasi |
A-tur eksekusi (Deliver) |
Perubahan apa yang dilakukan dalam merancang dan membuat pembelajaran
pembelajaran berpihak pada murid,
efektif dan menyenangkan? |
Membuat dan merancang pembelajaran
yang efektif, kreatif serta menyenangkan agar siswa lebih semangat mengikuti
pembelajaran melalui pembelajaran berdiferensiasi |
DOKUMEN FOTO KEGIATAN
PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS
No comments:
Post a Comment