Thursday, January 27, 2022

LAPORAN AKSI NYATA MODUL 1.3 BAGJA

 

LAPORAN HASIL AKSI NYATA

MODUL 1.3 BAGJA

 

DWI YUNIANTO

CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 4

SMA MA’ARIF NU JATINEGARA

KABUPATEN TEGAL

 

 

 

A.    Latar Belakang

Inkuiri apresiatif model BAGJA merupakan salah satu pendekatan kolaboratif untuk mengetahui kondisi suatu organisasi atau komunitas dalam mengembangkan perilaku suatu organisasi melalui pengajuan pertanyaan yang tersusun dalam tahapan BAGJA dan dijalankan dalam suasana yang positif dan apresiatif. Dimana sekolah harus mengaplikasikan pendekatan tersebut dengan tahapan BAGJA agar kami sebagai guru penggerak bisa mewujudkan visi dan misi guru penggerak untuk mewujudkan merdeka belajar terutama dalam hal kemandirian siswa. Prinsip IA dan ajaran filosofi Ki Hadjar Dewantara tentang merdeka belajar dan percaya bahwa setiap murid memiliki potensi dan mampu untuk melakukannya. Tentu  dalam hal ini, guru mengerti serta memahami bahwa murid memiliki potensi yang sama tingginya. Maka dari itu tugas guru adalah memfasilitasi dan menjadi jembatan bagi murid untuk menunjukkan potensi dan bakat terbaiknya.

 

B.    Tujuan

1.     Membantu proses belajar mengajar murid

2.     Meningkatkan kreatifitas dan  keaktifan murid dalam berkreasi.

 

C.    Tolak Ukur

1.     Murid semangat dan aktif belajar

2.     Adanya pembelajaran yang menyenangkan

3.     Kreatifitas dan keaktifan murid dalam belajar

 

D.   Linimasa Tindakan Yang Dilakukan

1.     Melakukan koordinasi dengan Kepala Sekolah terkait dengan penerapan BAGJA dalam pembelajaran berdiferesnsiasi

2.     Berkolaborasi dengan rekan sejawat dalam melaksanakan pembelajaran yang berpihak pada murid melalui pembelajaran berdiferensiasi

3.     Dokumentasi kegiatan

 

E.    Dukungan

1.     Kepala sekolah dan stake holder di sekolah

2.     Teman sejawat guru

3.     Lingkungan masyarakat

4.     Seluruh siswa

 

F.    Penutup

Demikian laporan aksi nyata modul 13 tentang penerapan BAGJA. Kritik dan saran serta masukan dari Kepala Sekolah, teman sejawat guru serta komunitas praktis Pendidikan sangat saya butuhkan demi perbaikan di masa depan.

 

Link RPP

 

https://docs.google.com/document/d/11f1S88_iEsqKeh-hkwIGyxfFxaU3eVD_/edit?usp=sharing&ouid=108027768760672322689&rtpof=true&sd=true

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ALUR BAGJA

 

PRAKARSA

PERUBAHAN

Penerapan pembelajaran yang berpihak pada murid dan menyenangkan melalui pembelajaran kecakapan hidup

TAHAPAN

Pertanyaan

Daftar tindakan yang perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan

B-uat pertanyaan (Define)

Bagaimana penerapan dan bentuk pembelajaran yang berpihak pada murid,  efektif dan menyenangkan yang dilakukan guru?

Meminta umpan balik dan respon kepada siswa terkait pembelajaran yang sudah dilaksanakan kaitan dengan pembelajaran yang digunakan guru

A-mbil pelajaran (Discover)

Apa yang dilakukan guru dalam menerapkan pembelajaran yang berpihak pada murid,  efektif dan menyenangkan?

Adanya kemauan dan kemampuan yang dimiliki oleh guru dalam rangka menerapkan pembelajaran yang berpihak pada murid,  efektif dan menyenangkan. Serta adanya dukungan sarpras di sekolah yang memadai

G-ali mimpi (Dream)

Hal-hal apa saja yang dilakukan untuk menciptakan pembelajaran yang berpihak pada murid,  efektif dan menyenangkan?

Membuat pembelajaran yang berpihak pada murid,  efektif dan menyenangkan agar proses pembelajaran berjalan maksimal dan penuh makna. Melalui pembelajaran berdiferensiasi akan menambah semangat siswa untuk memgikuti pembelajaran dan menumbuhkan kreaifitas murid

J-abarkan rencana (Design)

Bagaimana rencana yang akan dibuat agar pembelajaran berpihak pada murid,  efektif dan menyenangkan?

Merancang dan membuat pembelajaran berpihak pada murid,  efektif dan menyenangkan melalui pembelajaran berdiferensiasi

A-tur eksekusi (Deliver)

Perubahan apa yang dilakukan dalam merancang dan membuat pembelajaran pembelajaran berpihak pada murid,  efektif dan menyenangkan?

Membuat dan merancang pembelajaran yang efektif, kreatif serta menyenangkan agar siswa lebih semangat mengikuti pembelajaran melalui pembelajaran berdiferensiasi



DOKUMEN FOTO KEGIATAN

 




PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS

No comments:

Post a Comment